- -->

Tetap Online Sebagai Anonymous, Menjaga Kerahasiaan Data Pribadi

- June 28, 2018
Keamanan online telah menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan. Sebagai pengguna Internet, Kalian harus memastikan bahwa setiap saat kalian online tetap rahasia dan aman. Perusahaan besar juga dapat mengintip data dengan tujuan melayani kalian dengan iklan yang telah ditargetkan oleh mereka. Selain itu, pemerintah semakin ketat dalam memberikan undang-undang tentang penggunaan internet yang membatasi hak akses kalian. Berikut adalah beberapa taktik yang dapat kalian gunakan untuk menjaga privasi saat online.

Sumber: JuegosRev.com

Menggunakan VPN

Siapa pun yang menggunakan keperluan online secara privasi cenderung menggunakan Virtual Private Networks (VPN) saat menjelajah. VPN mengenkripsi data ke dalam jalur yang lebih aman, sehingga menjamin koneksi yang aman antara perangkat kalian dan server VPN jauh. Oleh karena itu, semua data yang sedang dikirim melalui jaringan kalian akan tetap tidak terlihat oleh pihak ketiga. Selain melindungi privasi kalian, VPN melindungi dari peretas karena akan sangat sulit bagi mereka untuk melacak alamat IP dan meretas jaringan kalian. Selain itu, VPN menjamin kemampuan menjelajah dan akses informasi yang tidak terbatas.

Menggunakan akun PSEUDO

Kalian juga dapat tetap online secara anonymous dengan berpura-pura menjadi orang lain. Sangat disarankan dan efektif untuk menjadikan nama palsu di beberapa situs sebagai cara mencegah pencurian identitas atau gangguan yang tidak beralasan. Ada beberapa alat dalam jaringan yang dapat membantu kalian menemukan nama samaran, informasi pribadi, dan bahkan kode pos palsu. Selain itu, kalian juga harus mempertimbangkan menggunakan nama yang berbeda terutama pada platform media sosial. Kalian tidak perlu memberikan nama yang sebenarnya di situs-situs seperti Facebook atau Twitter, terlebih lagi jika kalian berpikir bahwa hal itu dapat menyebabkan gangguan yang tidak beralasan ke dalam kehidupan pribadi kalian. Penggunaan nama lain selain nama kalian sendiri membantu melindungi identitas asli kalian.

Menggunakan E-mail Sekali

Memakai banyak aplikasi dan situs web mengharuskan kalian untuk mendaftar dengan alamat email yang valid sebelum mengakses produk dan layanan yang akan digunakan. Meskipun demikian, kalian mungkin akhirnya direpotkan dengan email pemasaran yang mengganggu. Ini adalah gangguan terhadap privasi kalian dan dapat menghindarinya dengan menggunakan alamat email sekali pakai setiap kali kalian berlangganan aplikasi atau situs web. Alamat email sekali pakai akan memungkinkan kalian mengakses aplikasi dan situs web tanpa mengungkapkan identitas kalian yang sebenarnya. Ada banyak sekali layanan email sekali pakai untuk dipilih, contohnya yaitu Mailinator dan MailDrop.

Kelola dan Blok Pelacak

Sebagian besar situs web yang kalian kunjungi sering melacak aktivitas online kalian dengan tujuan menentukan kebiasaan browsing. Hal ini tidak patut karena kalian pasti akan dilayani dengan iklan yang tidak diinginkan, pelacak yang digunakan situs sering tidak terlihat. Selain itu, sulit untuk mengetahui kapan kalian dilacak oleh situs web. Kalian dapat mempertahankan kerahasiaan dengan memblokir dan mengelola pelacak tersebut dengan ekstensi browser. Misalnya Ghostery, ekstensi ini mengungkapkan pelacak yang digunakan situs web. Setelah itu, kalian dapat menentukan pelacak yang nyaman bagi kalian dan mana yang ingin kalian blokir.

Gunakan Email Terenkripsi

Bertentangan dengan apa yang mungkin telah kalian percayai, layanan email populer seperti Yahoo dan Gmail tidak berorientasi pada privasi. Kalian masih akan diberi iklan dan email lain yang tidak begitu perlu. Fakta ini membuktikan bahwa mereka tidak ramah terhadap privasi. Untuk menghindari hal ini, pertimbangkan penyedia layanan email yang tidak mencatat alamat IP pengguna atau mengungkapkan data rahasia. Menyimpan email kalian yang telah dienkripsi tidak memastikan kerahasiaan online kalian.

Server Proksi 

Server proksi pada dasarnya adalah komputer yang dapat digunakan untuk memproses aktivitas online kalian. Komputer-komputer ini bertindak sebagai perantara antara perangkat kalian dan internet. Menggunakan server proksi adalah cara yang bagus untuk menjaga privasi online kalian karena akan menyembunyikan alamat IP kalian. Jika server proksi kalian terletak di negara yang berbeda, maka kalian akan dapat dengan mudah menipu pelacak dan situs web untuk berpikir bahwa kalian berada di lokasi yang berbeda. Ini mencegah kalian untuk ditarget dengan iklan, sehingga memastikan pengalaman penelusuran pribadi.

Mesin Pencari dan Browser Alternatif

Kebanyakan orang menggunakan Google setiap kali mereka mencari sesuatu secara online. Tidak dapat disangkal fakta bahwa mesin pencari itu akurat, efisien, dan cepat. Meskipun demikian, sistem pencarian Google dipersonalisasi sedemikian rupa sehingga bergantung pada riwayat pencarian kalian daripada kata kunci yang saat kalian ketik. Untuk menghindari gangguan ini, kalian harus mematikan sistem pencarian yang dipersonalisasi oleh Google. Selain itu, pertimbangkan mesin pencari alternatif lainya seperti DuckDuckGo. Sebaiknya gunakan juga peramban alternatif lainya selain dari yang populer seperti Google Chrome, Internet Explorer, dan Firefox. Browser ini mungkin tidak aman seperti yang kalian kira, karena mereka mencatat data kalian. Untuk memiliki kemampuan penjelajahan web yang lebih terjaga, kalian harus mencoba mesin pencari seperti Dooble dan Comodo Dragon karena mereka berfokus pada privasi.

Kesimpulan 

Privasi online kalian sangat membantu memastikan kemampuan mesin pencari yang bebas tekanan. Cara di atas membantu kalian dalam mencegah lembaga pemerintah, peretas, dan perusahaan yang mengintai aktivitas online kalian.

Referensi : https://www.noobslab.com/2018/05/how-to-stay-anonymous-online.html

Terimakasih telah membaca postingan saya, silahkan berkomentar!
EmoticonEmoticon

Social Counter

 

Start typing and press Enter to search